Ekonomi

Sabtu, 06 April 2013 0 komentar

Ruang Lingkup Ekonomi

1. Definisi dan metodologi ekonomi
Ekonomi itu adalah ilmu yg mempelajari seluruh aktifitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi dan konsumsi terhadap barang dan jasa.
Metodologi ekonomi itu berarti tata cara atau ilmu ilmu atau cara-cara atau konsep yang digunakan dalam mengembangkan serangkaian metode untuk menganalisis ekonomi yang terjadi.

2. Masalah-masalah yang mempengaruhi mekanisme harga
 Salah satu faktor penyebab/masalah yg sangat mempengaruhi mekanisme harga menurut saya adalah krisis financial global yang memnyebabkan perlambatan ekonomi. Bisa dilihat untuk sekarang ini, suku bunga perbankan terus menurun.

3. Definisi sistem ekonomi dan macam-macam sistem ekonomi
Sistem ekonomi yaitu sistem yang mengatur bagaimana suatu kegiatan ekonomi berlangsung.

Macam-macamnya:
a. sistem ekonomi liberal-kapitalis
Sistem yg memberikan kebebasan kepada pelaku ekonomi untuk melakukan kegiatan bagi kepentingan sumber daya ekonomi.

b. sistem ekonomi sosialis-komunistik
Kebalikan dari sistem ekonomi liberal-kapitalis. Sumber daya ekonomi dikuasai oleh negara.

c. sistem ekonomi campuran
kebebasan individu dan perusahaan dalam menentukan kegiatan ekonomi masih diakui, tetapi pemerintah ikut campur dalam perekonomian sebagai stabilisator ekonomi.

d. sistem ekonomi pasar
Individu dan perusahaan bebas menentukan bagaimana kegiatan ekonomi berlangsung.

e. sistem ekonomi terpusat
Kebijakan yang menyangkut produksi, distribusi dan konsumsi dibuat dan di tentukan oleh pemerintah.

Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran

1. Definisi penawaran dan permintaan
Penawaran adalah barang yang ditawarkan untuk dijual dg tingkat harga yang bervariasi. Penawaran disini ditujukan utk si penjual yang menawarkan barangnya kepada pembeli.
Sedangkan permintaan adalah barang yang akan dibeli atau diminta dengan harga tertentu. Permintaan disini  ditujukan bagi masyarakat selaku konsumen yang membeli barang ataupun jasa.

Hukum permintaan dan penawaran

Hukum permintaan: Semakin turun tingkat harga, maka semakin banyak jumlah barang yang tersedia diminta, dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang bersedia diminta.

Hukum penawaran: Semakin tinggi harga, semakin banyak jumlah barang yang bersedia ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang bersedia ditawarkan

3. Faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
 Faktor yang mempengaruhi permintaan:
-Harga barang itu sendiri
-Harga barang substitusi
- Harga barang komplementer (pelengkap)
-Jumlah Pendapatan
-Selera konsumen
-Intensitas kebutuhan konsumen
-Perkiraan harga di masa depan
-Jumlah penduduk

 Faktor yang mempengaruhi penawaran:
-Harga barang itu sendiri
Harga barang pengganti
-Biaya produksi
-Kemajuan teknologi
-Pajak
-Perkiraan harga di masa depan

a. Menjelaskan apa yang mempengaruhi pergeseran kurva permintaan dan penawaran
Hal  yg dapat mempengaruhi pergeseran kurva penawaran:
Ø  Rata-rata pendapatan konsumen. Apabila pendapatan naik, setiap orang akan cenderung mengkonsumsi lebih/membeli lebih banyak meskipun harga barang tidak berubah.
Ø  Ukuran pasar. Kota yang populasinya lebih besar biasanya akan membeli lebih banyak daripada kota yang populasinya kecil.
Ø  Harga dan ketersediaan produk-produk yang berkaitan. Salah satunya yang penting adalah produk substitusi. Misalnya, permintaan mobil berukuran sedang akan rendah apabila harga mobil berukuran kecil murah.
Ø  Selera. Berbagai perbedaan sejarah dan budaya akan mempengaruhi selera konsumen. Produk tertentu mungkin laku di suatu wilayah, namun tidak di wilayah lainnya.
Ø  Pengaruh-pengaruh khusus. Misalnya saja, permintaan produk paying dan jas hujan menjelang musim hujan, dan transportasi publik ketika harga parkir/bensin sangat mahal.
Ø   
Hal  yg dapat mempengaruhi pergeseran kurva penawaran:
Ø  Tingkat teknologi yang digunakan. Teknologi berkaitan erat dengan biaya produksi. Perkembangan teknologi cenderung menurunkan biaya produksi. Semakin rendah biaya produksi atas suatu produk, semakin banyak jumlah yang diproduksi/dijual.
Ø  Harga input. Harga input seperti tenaga kerja, mesin dan material mempengaruhi biaya produksi. Semakin rendah harganya, semakin banyak kuantitas yang bersedia diproduksi.
Ø  Harga produk-produk yang berkaitan. Misalnya perusahaan baju memproduksi model A dan B. Jika model A lebih laku dan/atau harganya naik, maka kapasitas untuk memproduksi model B akan dialihkan untuk menambah produksi model A.
Ø  Kebijakan pemerintah. Kebijakan seperti pajak, teknologi yang boleh/tidak boleh digunakan, lingkungan hidup, harga listrik, upah minimum, dan lain-lainnya.
Ø  Pengaruh-pengaruh khusus. Misalnya cuaca mempengaruhi produksi pertanian, dorongan yang tinggi akan inovasi menghasilkan produk inovatif, dll.

Penentuan harga keseimbangan
Harga keseimbangan adalah harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran. Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen). Jadi, penentuan harga keseimbangan itu dipengaruhi oleh produsen dan konsumen. Disaat produsen mematok harga tinggi, konsumen akan malas membeli (tidak sepakat) sehingga mengakibatkan tidak seimbangnya penentuan harga. Begitu juga sebaliknya, konsumen yg meminta harga sangat rendah, memaksa produsen untuk tidak memberikan barangnya karna akan rugi (tidak sepakat) sehingga, mengakibatkan tidak seimbangnya penentuan harga.



Sumber: Wikipedia.org

0 komentar:

Poskan Komentar

 

©Copyright 2011 Ayo Berimajinasi | TNB