Ruang Lingkup Ekonomi
1. Definisi dan metodologi ekonomi
Ekonomi itu
adalah ilmu yg mempelajari seluruh aktifitas manusia yang berhubungan dengan
produksi, distribusi dan konsumsi terhadap barang dan jasa.
Metodologi
ekonomi itu berarti tata cara atau ilmu ilmu atau cara-cara atau konsep yang
digunakan dalam mengembangkan serangkaian metode untuk menganalisis ekonomi
yang terjadi.
2. Masalah-masalah yang mempengaruhi
mekanisme harga
Salah satu faktor penyebab/masalah yg sangat
mempengaruhi mekanisme harga menurut saya adalah krisis financial global yang
memnyebabkan perlambatan ekonomi. Bisa dilihat untuk sekarang ini, suku bunga
perbankan terus menurun.
3. Definisi sistem ekonomi dan macam-macam
sistem ekonomi
Sistem
ekonomi yaitu sistem yang mengatur bagaimana suatu kegiatan ekonomi berlangsung.
Macam-macamnya:
a. sistem
ekonomi liberal-kapitalis
Sistem yg
memberikan kebebasan kepada pelaku ekonomi untuk melakukan kegiatan bagi
kepentingan sumber daya ekonomi.
b. sistem
ekonomi sosialis-komunistik
Kebalikan
dari sistem ekonomi liberal-kapitalis. Sumber daya ekonomi dikuasai oleh
negara.
c. sistem
ekonomi campuran
kebebasan
individu dan perusahaan dalam menentukan kegiatan ekonomi masih diakui, tetapi
pemerintah ikut campur dalam perekonomian sebagai stabilisator ekonomi.
d. sistem
ekonomi pasar
Individu dan
perusahaan bebas menentukan bagaimana kegiatan ekonomi berlangsung.
e. sistem
ekonomi terpusat
Kebijakan
yang menyangkut produksi, distribusi dan konsumsi dibuat dan di tentukan oleh
pemerintah.
Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran
1. Definisi penawaran dan permintaan
Penawaran adalah barang yang ditawarkan
untuk dijual dg tingkat harga yang bervariasi. Penawaran disini ditujukan utk
si penjual yang menawarkan barangnya kepada pembeli.
Sedangkan permintaan adalah barang yang akan
dibeli atau diminta dengan harga tertentu. Permintaan disini ditujukan bagi masyarakat selaku konsumen
yang membeli barang ataupun jasa.
Hukum permintaan dan penawaran
Hukum permintaan: Semakin turun tingkat
harga, maka semakin banyak jumlah barang yang tersedia diminta, dan sebaliknya
semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang bersedia diminta.
Hukum penawaran: Semakin tinggi harga,
semakin banyak jumlah barang yang bersedia ditawarkan. Sebaliknya, semakin
rendah tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang bersedia ditawarkan
3. Faktor yang mempengaruhi permintaan dan
penawaran
Faktor yang mempengaruhi permintaan:
-Harga barang
itu sendiri
-Harga
barang substitusi
- Harga
barang komplementer (pelengkap)
-Jumlah
Pendapatan
-Selera
konsumen
-Intensitas
kebutuhan konsumen
-Perkiraan
harga di masa depan
-Jumlah
penduduk
Faktor
yang mempengaruhi penawaran:
-Harga
barang itu sendiri
Harga barang
pengganti
-Biaya
produksi
-Kemajuan
teknologi
-Pajak
-Perkiraan
harga di masa depan
a. Menjelaskan apa yang mempengaruhi
pergeseran kurva permintaan dan penawaran
Hal
yg dapat mempengaruhi pergeseran kurva penawaran:
Ø
Rata-rata
pendapatan konsumen. Apabila pendapatan naik, setiap orang akan cenderung
mengkonsumsi lebih/membeli lebih banyak meskipun harga barang tidak berubah.
Ø
Ukuran
pasar. Kota yang populasinya lebih besar biasanya akan membeli lebih banyak
daripada kota yang populasinya kecil.
Ø
Harga dan
ketersediaan produk-produk yang berkaitan. Salah satunya yang penting
adalah produk substitusi. Misalnya, permintaan mobil berukuran sedang akan
rendah apabila harga mobil berukuran kecil murah.
Ø
Selera.
Berbagai perbedaan sejarah dan budaya akan mempengaruhi selera konsumen. Produk
tertentu mungkin laku di suatu wilayah, namun tidak di wilayah lainnya.
Ø
Pengaruh-pengaruh
khusus. Misalnya saja, permintaan produk paying dan jas hujan menjelang
musim hujan, dan transportasi publik ketika harga parkir/bensin sangat mahal.
Ø
Hal
yg dapat mempengaruhi pergeseran kurva penawaran:
Ø
Tingkat
teknologi yang digunakan. Teknologi berkaitan erat dengan biaya produksi.
Perkembangan teknologi cenderung menurunkan biaya produksi. Semakin rendah
biaya produksi atas suatu produk, semakin banyak jumlah yang diproduksi/dijual.
Ø
Harga
input. Harga input seperti tenaga kerja, mesin dan material mempengaruhi
biaya produksi. Semakin rendah harganya, semakin banyak kuantitas yang bersedia
diproduksi.
Ø
Harga
produk-produk yang berkaitan. Misalnya perusahaan baju memproduksi model A
dan B. Jika model A lebih laku dan/atau harganya naik, maka kapasitas untuk
memproduksi model B akan dialihkan untuk menambah produksi model A.
Ø
Kebijakan
pemerintah. Kebijakan seperti pajak, teknologi yang boleh/tidak boleh
digunakan, lingkungan hidup, harga listrik, upah minimum, dan lain-lainnya.
Ø
Pengaruh-pengaruh
khusus. Misalnya cuaca mempengaruhi produksi pertanian, dorongan yang
tinggi akan inovasi menghasilkan produk inovatif, dll.
Penentuan harga keseimbangan
Harga
keseimbangan adalah harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan
dan kurva penawaran. Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar
merupakan hasil kesepakatan antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen).
Jadi, penentuan harga keseimbangan itu dipengaruhi oleh produsen dan konsumen.
Disaat produsen mematok harga tinggi, konsumen akan malas membeli (tidak
sepakat) sehingga mengakibatkan tidak seimbangnya penentuan harga. Begitu juga
sebaliknya, konsumen yg meminta harga sangat rendah, memaksa produsen untuk
tidak memberikan barangnya karna akan rugi (tidak sepakat) sehingga,
mengakibatkan tidak seimbangnya penentuan harga.
Sumber:
Wikipedia.org
0 komentar:
Posting Komentar