Koperasi Simpan Pinjam Uang/Modal Usaha

Sabtu, 27 Oktober 2012 0 komentar
            Jika saya ditanya “ingin mendirikan organisasi apa?”, saya ingin mendirikan koperasi simpan pinjam. Yaitu koperasi yang bergerak di bidang simpanan dan pinjaman uang/modal usaha. Memang dalam membangun organisasi koperasi ini membutuhkan modal yg tidak sedikit, pekerja yang berpengalaman dan teliti, skill memanage pekerja, ide-ide dan gagasan-gagasan yg cemerlang untuk mengembangkan usaha koperasi, skill pinjam meminjam modal, dll.

Koperasi adalah suatu jenis badan usaha yang beranggotakan orang-orang  yang melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berasaskan kekeluargaan. Tujuan koperasi adalah mensejahterakan anggotanya.

Dalam membangun organisasi  koperasi simpan pinjam hal yang paling utama bagi saya adalah adanya loyalitas. Jika tidak ada keloyalitasan pekerja kepada Founding Father (Bapak Pendiri), koperasi akan susah berkembang. Dengan seperti itu tidak akan ada kerjasamanya untuk mencapai tujuan koperasi tersebut.

Suatu organisasi akan terus maju bila ada orang yang bekerja sama di dalamnya secara kompak. Mereka yang memiliki kemampuan yang berbeda namun mempunyai tujuan yang sama. Mereka loyal terhadap organisasi dan Sang Founding Father yang memimpinnya. Dengan hanya beberapa orang saja yang loyal, koperasi tersebut akan selalu ada dan terus maju.
  
Melihat orang Indonesia yang cenderung humoris, saya tidak ingin membuat organisasi yang saya dirikan terlalu serius dan terlihat mencekam. Para anggota menjadi merasa tertekan akan aturan-aturan yang berlaku. Akan saya buat suasana yang santai, seakan-akan para anggota tidak merasa sedang berorganisasi. Artinya para anggota tidak merasa disibukan oleh organisasi yang sedang dijalaninya. Karna menurut Om saya, organisasi yang mengalir akan membuat para anggotanya merasa senang karena mereka hanya di tuntut kesediannya dalam membangun suatu organisasi sesuai dengan keadaan hati mereka. Tidak ada paksaan, sehingga mereka dapat dengan ikhlas menjalaninya.





0 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Ayo Berimajinasi | TNB