Manajemen
Kata Manajemen berasal dari bahasa
Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.
Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal.
Kata manajemen mungkin berasal dari bahasa Italia (1561) maneggiare yang
berarti “mengendalikan,” terutamanya “mengendalikan kuda” yang berasal dari
bahasa latin manus yang berati “tangan”. Kata ini mendapat pengaruh dari bahasa
Perancis manège yang berarti “kepemilikan kuda” (yang berasal dari Bahasa
Inggris yang berarti seni mengendalikan kuda), dimana istilah Inggris ini juga
berasal dari bahasa Italia. Bahasa Prancis lalu mengadopsi kata ini dari bahasa
Inggris menjadi ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.
Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan
pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer
bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan,
pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai
sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat
dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang
ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.Istilah
manajemen, terjemahannya dalam bahasa Indonesia hingga saat ini belum ada
keseragaman.
Organisasi
Organisasi terdiri dari kata organon yang berarti alat.
Organon berasal dari bahasa yunani. Dalam kamus besar Indonesia organisasi
memiliki pengertian kelompok kerja sama antara orang-orang yg diadakan untuk
mencapai tujuan bersama.
Hasil survei ke beberapa orang tentang kaitan antara manajemen
dan organisasi
Pertanyaan: “apa kaitannya manajemen dan organisasi menurut
anda?
Hasil survey:
“organisasi kan punya struktur kayak piramida. nah
orang-orang yang ada di puncak biasanya punya wewenang untuk ngatur-ngatur
segala macam kebijakan. itulah yang namanya manajemen. tapi gak harus yang di
posisi puncak aja yang manage suatu organisasi. soalnya secara umum ada
delegasi wewenang ke manajer lini di tiap-tiap bagian, divisi, dsb.”
“organisasi adalah tempat orang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang
telah mereka sepakati bersama. kalau tujuan mereka adalah untuk mencari
keuntungan maka organisasi mereka disebut perusahaan. kalau tujuan mereka untuk
bermain bola maka organisasi mereka disebut organisasi sepakbola dsb. agar
organisasi itu dapat berjalan dengan baik perlu pengelolaan, pekerjaan
mengelola itu disebut manajemen dan orang yang mengelola/memimpin disebut
manejer. Ok”
"Menurut Gue,.,Manajemen itu adalah suatu
pengelolaan,pengorganisasian,pengaturan terhadap sesuatu hal/perusahaan.agar
tercapainya tujuan dari perusahaan tersebut.sedangkan Organisasi adalah suatu
pengorganisasian/pengaturan terhadap suatu kegiatan agar dapat terlaksana dengan
baik. Jadi, Manajemen dan organisasi sangat berkaitan.tanpa adanya
pengorganisasian atau pemenej-an suatu perusahaan.maka tujuan perusahaan
tersebut akan sulit untuk tercapai.”
Sumber:
wikipedia
google
0 komentar:
Posting Komentar