Manajemen dan Organisasi

Jumat, 28 September 2012 0 komentar

Manajemen

Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Kata manajemen mungkin berasal dari bahasa Italia (1561) maneggiare yang berarti “mengendalikan,” terutamanya “mengendalikan kuda” yang berasal dari bahasa latin manus yang berati “tangan”. Kata ini mendapat pengaruh dari bahasa Perancis manège yang berarti “kepemilikan kuda” (yang berasal dari Bahasa Inggris yang berarti seni mengendalikan kuda), dimana istilah Inggris ini juga berasal dari bahasa Italia. Bahasa Prancis lalu mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.Istilah manajemen, terjemahannya dalam bahasa Indonesia hingga saat ini belum ada keseragaman.

Organisasi

Organisasi  terdiri dari kata organon yang berarti alat. Organon berasal dari bahasa yunani. Dalam kamus besar Indonesia organisasi memiliki pengertian kelompok kerja sama antara orang-orang yg diadakan untuk mencapai tujuan bersama.


Hasil survei ke beberapa orang tentang kaitan antara manajemen dan organisasi

Pertanyaan: “apa kaitannya manajemen dan organisasi menurut anda?
Hasil survey:
           “organisasi kan punya struktur kayak piramida. nah orang-orang yang ada di puncak biasanya punya wewenang untuk ngatur-ngatur segala macam kebijakan. itulah yang namanya manajemen. tapi gak harus yang di posisi puncak aja yang manage suatu organisasi. soalnya secara umum ada delegasi wewenang ke manajer lini di tiap-tiap bagian, divisi, dsb.”
        
            “organisasi adalah tempat orang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah mereka sepakati bersama. kalau tujuan mereka adalah untuk mencari keuntungan maka organisasi mereka disebut perusahaan. kalau tujuan mereka untuk bermain bola maka organisasi mereka disebut organisasi sepakbola dsb. agar organisasi itu dapat berjalan dengan baik perlu pengelolaan, pekerjaan mengelola itu disebut manajemen dan orang yang mengelola/memimpin disebut manejer. Ok”

"Menurut Gue,.,Manajemen itu adalah suatu pengelolaan,pengorganisasian,pengaturan terhadap sesuatu hal/perusahaan.agar tercapainya tujuan dari perusahaan tersebut.sedangkan Organisasi adalah suatu pengorganisasian/pengaturan terhadap suatu kegiatan agar dapat terlaksana dengan baik. Jadi, Manajemen dan organisasi sangat berkaitan.tanpa adanya pengorganisasian atau pemenej-an suatu perusahaan.maka tujuan perusahaan tersebut akan sulit untuk tercapai.”
Sumber:
wikipedia
google

0 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Ayo Berimajinasi | TNB