Membuat Garis Horizontal, Vertikal dan Diagonal di OPENGL Versi Dev C++

Selasa, 08 Oktober 2013 1 komentar

Sedikit membahas tetang opengl.
Apa Itu opengl??? apa kalian sudah pernah tau sebelumnya?
Saya juga belum tau. baru kali ini saya belajar tentang opengl. hahaha
Jujur saja, semua informasi yang saya tulis dalam pembahasan tentang opengl ini, saya dapatkan dari akun-akun website/blog-blog orang lain. Karna, untuk mengulasnya sendiri, saya juga belum begitu paham. Maka dari itu, saya akan cantumkan alamat-alamat yang menjadi referensi saya dibawah nanti.
            Oke kawan, jika kalian belum tau apa itu opengl, opengl adalah program aplikasi interface yang digunakan untuk mendefinisikan komputer grafis 2D dan 3D. Program platform API ini umumnya untuk menetapkan standar dalam industri komputer pada jenis interaksi komputer grafis 2D dan juga menjadi alat yang biasa digunakan dengan grafis 3D juga.
Singkatan dari opengl Graphics Library, opengl menghilangkan kebutuhan untuk pemrogram dan menulis ulang bagian grafis dari suatu sistem operasi setiap kali akan meng-upgrade ke versi baru dari sistem. OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992 dan banyak digunakan dalam CAD, virtual reality, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, simulasi penerbangan, dan video game.
            Fungsi dasar dari OpenGL adalah untuk mengeluarkan koleksi khusus dari executable atau perintah ke sistem operasi. Dengan demikian, program ini bekerja dengan perangkat keras grafis yang sudah ada yang berada pada hard drive atau sumber tertentu lainnya. Setiap perintah di set rancang untuk melibatkan tindakan gambar tertentu, atau meluncurkan efek khusus tertentu yang terkait dengan grafis.
            Ya itulah sedikit bahasan umum tentang opengl. sekarang saya akan memberitau source code dari tugas saya (matakuliah Graphic Komputer dan Pengolahan Citra) yaitu source code untuk membuat garis horizontal vertikal dan diagonal dengan menggunakan compiler Dev C++ .Jika anda sudah memiliki Compiler Dev C++ dan sudah mendownload headernya, maka anda hanya perlu mengetik source code nya seperti dibawah ini:
            Langkah pertama, klik file -> new -> project. Lalu munculah tampilan seperti ini

              Klik Multimedia -> pilih OpenGL -> kemudian Ok. Setelah itu, program akan minta men-save nama projectnya seperti ini:


            Setelah disave, akan muncul source code standard bawaan opengl yaitu gambar segitiga yang berputar-putar. Nah, karna kita hanya ingin membuat garis, maka ada source code yang perlu diubah, seperti dibawah ini:

         
             Perhatikan dengan baik, dimana kira-kira letak source code itu berada. Lalu ketikan source code yang sama, pada letak yang sama pula. Lalu setelah selesai, save source code dengan format (.cpp).
              Jangan keliru. Kalau tadi kita men-save nama project, dengan format (.dev) , sekarang kita men-save source code nya dengan format (.cpp).
              Setelah itu, kita compile (Ctrl+f9) . Jika source code yang kita masukan sudah benar, maka akan muncul tampilan seperti

 

     Baru setelah itu program bisa kita run (Ctrl+f10). Dan Outputnya akan seperti ini: 
                                                Horizontal
Vertikal
Diagonal
Pada umumnya semua langkah-langkahnya sama. Hanya kita perlu mengganti saja source code nya. Masing-masing berbeda:
                                         Source Code Vertikal
 Source Code Diagonal


Selesai.
Demikianlah yang bisa saya tuangkan dalam tulisan tugas ini. Semoga bisa berguna buat kawan-kawan sekalian. Kalo ada salah, mohon di ingatkan. Trimakasih 

Referensi:
http://rahmat-septiansyah.blogspot.com/
http://www.qbonk.net/
Trimakasih untuk website-website di atas. Saya merasa sangat terbantu ^___^

1 komentar:

  • Kobukai Indonesia mengatakan...

    ijin sharing ilmu OpenGL, untuk tingkat pemula hingga tingkat mahir, source code program disediakan dan dapat didonwload

    http://heriadyblog.blogspot.co.id/2015/12/belajar-visual-c-game-programming-opengl.html

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Ayo Berimajinasi | TNB