Tugas 1KA38 (Tokoh Masyarakat: Prof. DR. Fadhilatus Syekh Muhammad Mutawalli Sya'rawi)

Sabtu, 08 Oktober 2011 0 komentar

Prof. Dr. Fadhilatus Syekh Muhammad Mutawalli Sya'rawi lahir di Mesir sekitar tahun 1912. Ia menyelesaikan pendidikan menengah pada perguruan AZZAQOZIIQ di Mesir, kemudian meneruskan ke Universitas Al Azhar di Kairo, dan berhasil lulus pada fakultas bahasa Arab dengan predikat cum laude (sangat memuaskan).
Sejak kecil ia terkenal dengan kerapihannya dalam berpakaian. ia selalu menata surbannya sendiri, dan bersih dalam segala-galanya. Ia menyenangi ilmu tasawuf, berjiwa hidup dan revolusioner. Sepanjang hidupnya ia selalu menentang segala yang bathil dan mungkar. Ia juga pernah memimpin gerakan protes terhadap rekto Universitas Al Azhar, Alm. Asy Syekh Muhammad Ahmad Adhowahiri karena ulama lulusan Al Azhar yang mengajar disana digaji lebih rendah dari biaya hidup seekor anjing peliharaan bangsa asing, yaitu tiga pound Mesir sebulan. Akhirnya sang rektor diganti oleh Asy Syekh Muhammad Mustafa Almaraghy dan gaji ulama pengajar disana dinaikkan menjadi 12 pound.
Asy Syekh Asy Sya'rawi adalah ulama besar dan sangat dikagumi oleh dunia Islam. Ia sering diundang untuk ceramah tentang Islam di perguruan tinggi di Eropa dan Amerika. Ceramahnya tentang ilmu kedokteran sangat mengagumkan, seolah-olah ia seorang dokter ahli. Tidak itu saja, ilmu Astronomi dan ilmu-ilmi pengetahuan umum lainnya juga ia kuasai. Ia dapat menguraikan dan memecahkan persoalan-persoalan rumit dan penuh rahasia tentang keimanan, hadits, hukum fiqh, akhlak, muamalah, dan lain-lain dengan jelas, gamblang dan tajam sehingga membuat puas bagi yang bertanya. Banyak sekali kitab-kitab karangannya. Ia juga banyak menulis pada berbagai majalah, antara lain : "Liwaa ul Islam", "Mimbarul Islam", "Al Mukhtar", dan "Al Is'tisom". Pembacanya selalu menunggu tulisannya.


Sumber Buku: Anda Bertanya Islam Menjawab

0 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Ayo Berimajinasi | TNB